Majelis Jemaat

Rayon

Komisi

Kelompok Kerja

Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh”
(II Petrus 1:10a)

Bidang Pembangunan Jemaat (PJ) atau bidang Pembinaan melaksanakan program-program yang berhubungan dengan pertumbuhan iman dan peningkatan kualitas setiap orang yang mengaku sebagai murid Kristus. Bidang PJ menyediakan program-program bagi jemaat GKI Delima secara keseluruhan maupun bagi setiap pelayan (aktivis) di GKI Delima. Jika saudara mempunyai kebutuhan tertentu dalam pertumbuhan iman dan peningkatan kualitas sebagai murid Kristus, saudara dapat menyampaikan usulan kepada bidang PJ.

Pada tanggal 10 Mei, dalam rangka kebaktian Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga, bidang PJ akan menyelenggarakan Kebaktian Penyegaran Iman (KPI) yang diharapkan dapat mengingatkan kita akan anugerah dan panggilan Tuhan dalam hidup kita, dan memampukan kita untuk merespon anugerah dan panggilan Tuhan tersebut dengan penuh semangat. Seperti murid-murid di abad pertama menantikan janji turunnya Roh Kudus dengan tekun berdoa, diharapkan kita pun dapat bersama-sama berdoa dalam Doa Malam Menjelang Pentakosta (DMMP) pada hari Senin sampai Sabtu, tanggal 14-19 Mei 2018, pk 19.00 (kecuali Sabtu, mulai pk 17.00).

Program pembinaan lainnya adalah Bina Iman dan Malam Puji Doa dan Kesaksian (MPDK). Bina Iman diadakan Selasa malam pk 19.00 (sesuai jadwal), pada tapel ini mendalami topik Gereja, Keluarga, dan Ibadah. MPDK yang umumnya diadakan pada Minggu kedua bulan genap pada kebaktian pk 17.00 diharapkan dapat memberi kesegaran baik bagi para pelayan dan tentunya juga bagi seluruh umat. Pembinaan kategorial melalui badan pelayanan jemaat atau yang masih kita sebut komisi-komisi juga mempunyai program masing-masing. Bidang PJ mengkoordinir Komisi Anak, Komisi Remaja, Komisi Pemuda, Komisi Dewasa (format baru), dan Komisi Lansia.

Pada tanggal 6 April yang lalu, Majelis Jemaat GKI Delima diundang oleh Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah GKI SW Jawa Barat untuk bertemu bersama pihak Ukrida. Utusan dari Ukrida menyampaikan kerinduan Ukrida untuk menjangkau kaum muda (khususnya mahasiswa, walau terbuka untuk semua) yang saat ini masih banyak diantara mereka yang memilih untuk tidak ke gereja dan menghabiskan Hari Minggu bersama komunitasnya. Ukrida terpanggil memfasilitasi terbentuknya komunitas iman bagi kaum muda dimana mereka bisa menjadi diri mereka dan bertumbuh, berbagi bersama di dalamnya. Ukrida menyoroti perlunya sebuah komunitas alternatif yang dapat diterima oleh kaum muda zaman now yang dikenal sebagai generasi Z. Maka diperlukan sebuah ibadah alternatif yang merupakan sebuah kebaktian pemuridan yakni kebaktian yang ekspresif dengan semangat muda yang kekinian sekaligus berisi pemuridan.

Ukrida sebagai salah satu Badan Pelayanan GKI tidak dapat menyelenggarakan Ibadah Minggu sendiri. Karena GKI Delima merupakan jemaat yang terdekat dengan Ukrida, utusan Ukrida dan BPMSW GKI SW Jabar menyampaikan permohonan agar GKI Delima dapat menjadi penyelenggara Ibadah Minggu di Ukrida yang disebut dengan Creative Sunday Service Ukrida (CSSU). Segmentasi awal Ibadah Minggu ini adalah untuk mahasiswa Ukrida itu sendiri meskipun tidak menutup diri untuk kaum muda lainnya. Ibadah Minggu di Ukrida bukanlah rencana yang datang tiba-tiba, tetapi suatu keinginan yang sudah direncanakan oleh Ukrida sejak awal tahun 2018 lalu. Bahkan GKI Delima sendiri sebenarnya mempunyai angan-angan untuk mengadakan ibadah di Penabur (waktu itu) sejak tahun 2013 yang belum sempat terwujud sampai sekarang karena satu dan lain hal. Hendaknya dapat dipahami oleh seluruh jemaat GKI Delima bahwa CSSU ini bukanlah merupakan ibadah "tandingan" dan juga tidak dimaksudkan untuk menggabungkan ibadah-ibadah yang sudah ada di GKI Delima karena memang segmentasinya adalah mahasiswa Ukrida. Jangan pula dipahami bahwa CSSU akan mengurangi jumlah jemaat GKI Delima, karena CSSU itu adalah bagian dari GKI Delima yang akan masuk dalam LKKJ (Laporan Kinerja Kehidupan Jemaat) GKI Delima. Hendaknya hal ini dapat menjadi pergumulan bersama seluruh jemaat GKI Delima untuk dapat men-sinergi-kan seluruh aspek dari ibadah-ibadah yang ada di GKI Delima.

Sehubungan dengan hal ini maka akan dibentuk Kelompok Kerja (pokja) yang anggotanya merupakan campuran utusan dari Ukrida dan GKI Delima. Jika ada diantara saudara punya kerinduan terlibat dalam pelayanan mahasiswa, saudara dapat memberitahu saya. Kiranya CSSU ini dapat menjadi "kado" ulang tahun GKI Delima yang ke-34 tahun pada bulan Juli nanti.

Pelayanan Bidang Kesaksian Pelayanan (Kespel) meliputi bantuan pendidikan bagi anak-anak masyarakat sekitar maupun anggota jemaat, juga bantuan dana diakonia bagi umat yang membutuhkan tunjangan. Kelompok kerja Peduli Lingkungan dalam bidang Kespel juga menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan melalui program bazar murah, go green, bingkisan lebaran, dan partisipasi kegiatan 17 Agustus. Kepedulian terhadap lingkungan juga diwujudkan dalam penyelenggaraan rumah belajar setiap Sabtu siang. Rumah belajar merupakan pelayanan GKI Delima bagi anak-anak masyarakat sekitar (bisa juga bagi anak anggota jemaat dan simpatisan yang membutuhkan) yang membutuhkan bimbingan belajar dan pendidikan komputer. Bidang Kespel juga giat ikut serta dalam kegiatan-kegiatan oikumene. Juga bidang Kespel membangun kepedulian jemaat terhadap sesama dengan menyediakan dana bantuan bagi sesama yang sakit melalui pokja Samaria dan menyediakan bantuan dana pendidikan melalui pokja dana pendidikan. Kita dapat mengenal lebih jauh kegiatan-kegiatan bidang Kesaksian Pelayanan ini dalam bulan Kespel yang sudah beberapa tahun ini dilaksanakan setiap bulan Juli.

Kita bersyukur untuk semua anugerah Tuhan. Kita bersyukur untuk kesempatan bertumbuh dan dapat melayani sesama. Kiranya kita terus bertumbuh menjadi murid Kristus yang makin setia dan bertambah-tambah dalam segala hal. Tuhan memberkati kita.

MS

Gereja yang Menjadi Berkat Bagi Sesama

Sub Tema Tahun Pelayanan 2016 - 2017

Jadwal Kebaktian

Sekolah Minggu :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Remaja :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Pemuda :
Minggu Pukul 11.00 WIB

Kebaktian Lansia :
Jumat Pukul 10.00 WIB

Kebaktian Umum : 
1. Minggu Pukul 06.30 WIB
2. Minggu Pukul 09.00 WIB
3. Minggu Pukul 17.00 WIB

 

Facebook GKI Delima

 

Download Warta Jemaat

 

Download Liturgi Kebaktian