Majelis Jemaat

Rayon

Komisi

Kelompok Kerja

Momentum peringatan dan perayaan Paskah tahun ini sungguh sangat berbeda. Kita mengalaminya di tengah penyebaran virus Corona yang sudah menjadi wabah di seluruh dunia. Akibatnya kita tidak bisa melakukan perayaan liturgi cahaya/paskah Subuh maupun semaraknya puji-pujian kemenangan Kristus yang bangkit di dalam gedung gereja. Perayaan hari raya gerejawi di GKI Delima yang identik dengan makan bubur dan lomba menghias telur juga tidak bisa dilakukan bersama. Namun demikian kita harus yakin bahwa pasti ada hikmah, yang akan mendatangkan faedah. Karena pada hakekatnya Paskah adalah Mercu Suar Kasih Allah. Itulah tema masa raya Paskah 2020 GKI Delima yang puncaknya dilakukan dalam kebaktian secara online/streaming pada hari Minggu, 12 April 2020, pkl.09.00 WIB.

Injil Matius 28:1-10 menceritakan tentang orang-orang yang pertama kali melihat Yesus bangkit. Mereka adalah Maria Magdalena dan Maria lainnya yang pada pagi hari, di Minggu Paskah pergi menengok kubur Yesus. Sapaan khas Yesus “Salam bagimu” membuat mereka benar-benar sadar bahwa Yesus benar bangkit dari kematian lalu sujud menyembah Dia (ay.9). Lalu Yesus memerintahkan agar mereka tidak takut dan segera kembali ke Galilea (ay.10). Galilea merupakan tempat/sebuah kota sebagai petunjuk/penanda akan waktu kematian dan sekaligus kebangkitan yang pernah diucapkan oleh Yesus. Nampaknya perintah itu merupakan penegasan bahwa mereka harus memberitakan Yesus yang bangkit kepada murid yang lain sebagi bukti penggenapan firman-Nya. KebangkitanNya mengeyahkan ketakutan dan mendatangkan kehidupan

Kesaksian murid lain yaitu Petrus yang sempat mengalami kematian iman dan akhirnya dibangkitkan kembali tertulis dalam Kisah Para Rasul 10:34-43. Petrus mengalami pembaharuan pemahaman bahwa kebangkitan/kehadiran Kristus itu untuk menyatakan kasih Allah yang diperuntukkan bagi segala bangsa. Dengan demikian Paskah merupakan mercusuar kasih Bapa kepada manusia di seluruh dunia yang dimulai dari Yerusalem. Kesadaran para murid akan kebangkitan Kristus berarti kebangkitan dari kematian (iman) untuk segera berkarya dengan menjadi suar kasih Allah 

Dalam KBBI, kata “Suar” berarti: menjadi nyala api untuk tanda, obor atau suluh untuk mengikat ikan. Jadi para murid menjadi suar Kristus untuk membagikan cahaya-Nya yang memberikan petunjuk dan pengharapan menjalani kehidupan. Dengan demikian kita yang percaya akan kebangkitan Kristus dari kematian juga terpanggil dan diperlengkapi untuk menjadi suar Allah. Kita harus yakin mampu menjadi pandu bagi penyebaran berita Paskah yaitu pertobatan dan pengampunan dosa yang akan membawa dunia pada kehidupan yang lebih baik.

Wabah virus corona telah menghadirkan kesedihan/kepedihan karena korbannya begitu banyak, sebagian diantarnya mungkin sahabat kita, atau bahkan keluarga kita. Pandemi Covid-19 juga sudah memporak-porandakan tatanan kehidupan manusia di dunia. Maka panggilan kita saat ini adalah bagaimana terus membagikan kuasa kebangkitan Kristus sebagai pengharapan sekaligus kekuatan untuk melanjutkan karya kehidupan. Kita harus yakin didalam dan bersama Tuhan kita bisa bangkit dari keterpurukan karena covid-19 ini. Kita harus berkolaborasi menggunakan segenap pengetahuan, kemampuan, pengalaman agar bisa move on dari situasi menakutkan, mencekam dan yang bisa membuat larut dalam keterpurukan. Mari kita menjadi suar yang terus terpancar dalam keseharian kita, menjadi insan-insan yang menyatakan kasih Allah bagi dunia ini. Harapannya setiap manusia yang berinteraksi dengan kita terinspirasi menjadi pribadi yang penuh kasih dan peduli kepada sesama.

Selamat Paskah, teruslah menyatakan kasih Allah dalam segala kesulitan maupun keterbatasan yang ada. Tuhan beserta kita.

(Pdt. Adi Cahyono)

Gereja yang Menjadi Berkat Bagi Sesama

Sub Tema Tahun Pelayanan 2016 - 2017

Jadwal Kebaktian

Sekolah Minggu :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Remaja :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Pemuda :
Minggu Pukul 11.00 WIB

Kebaktian Lansia :
Jumat Pukul 10.00 WIB

Kebaktian Umum : 
1. Minggu Pukul 06.30 WIB
2. Minggu Pukul 09.00 WIB
3. Minggu Pukul 17.00 WIB

 

Facebook GKI Delima

 

Download Warta Jemaat

 

Download Liturgi Kebaktian