Majelis Jemaat

Rayon

Komisi

Kelompok Kerja

Adven dalam Gereja Kristen adalah nama periode sebelum Natal. Nama Adven diambil dari kata Latin Adventus yang artinya adalah Kedatangan. Adven selalu dimulai pada hari Minggu yang terdekat dengan tanggal 30 November (antara tanggal 27 November dan 3 Desember) dan berlangsung sampai Malam Natal 24 Desember. Oleh sebab itu panjangnya masa adven per tahun berbeda-beda, tetapi sebuah masa adven selalu terdiri dari 4 hari Minggu.

Setiap minggu Adven itu ditandai dengan penyalaan lilin: satu lilin di minggu adven pertama, dua lilin di minggu adven kedua, dan seterusnya. Menurut tradisi gereja tiga lilin adven itu berwarna ungu, menyimbolkan pertobatan, pengharapan dan penantian. Namun lilin adven ketiga justru berwarna merah muda atau merah jambu yang dinamai juga lilin "Sukacita" (Lat. Gaudete). Hal ini hendak menyimbolkan sukacita pengharapan yang tidak tertahankan lagi karena kelahiran Tuhan sudah sangat dekat. Berikut ini makna Adven bagi di jaman Now:
1. Persiapan perayaan natal atau hari kelahiran Yesus. Masa Adven mengingatkan kita kepada penantian dan persiapan para nabi akan kedatangan Juruslamat yang dijanjikan Allah. Sebab itu melalui minggu-minggu Adven kita dapat menemukan makna Hari Raya Natal yang sesungguhnya. Yaitu hari kelahiran Tuhan yang dijanjikan Allah dan kita nantikan itu. (Yes 7:14)
2. Penantian akan kedatangan Yesus kembali ke dunia ini. Minggu Adven bagi kita bukan sekadar ikut mengenang penantian para nabi dan umat Allah di masa Perjanjian Lama, tetapi juga harapan ke masa depan, yaitu penantian gereja kepada Kristus yang akan datang kembali. Kapan? Alkitab mengatakan kedatangan Kristus di saat tidak terduga, persis kedatangan “seorang pencuri”. Yang penting: nantikanlah terus kedatanganNya, dan sambil menanti: tetaplah bekerja dan tunaikan semua tugas dan tanggungjawab. (Matius 24:36- 44)
3. Penantian akan kedatangan Tuhan di dunia ini setiap hari. Sebelum hari kedatanganNya yang agung itu, kita mengimani bahwa Tuhan datang dan selalu hadir dalam kehidupan kita. Jadi melalui minggu-minggu Adven ini kita juga diingatkan akan penantian-penantian kita dalam kehidupan ini. Ada banyak hal yang mungkin saat ini kita nantikan dalam hidup ini: kehamilan/kelahiran anak, pasangan hidup, hasil ujian/usaha, kesembuhan, pertemuan dan lain sebagainya.

Selama minggu Adven mari kita berdoa agar Allah memberkati dan meneguhkan hati kita menyambut semua penantian-penantian tersebut dengan segenap hati kita. Kita tidak tahu kapan Kristus datang ke dunia ini. Namun selama kita masih diberi kesempatan hidup, kita dipanggil untuk terus mengasihi sesama dan berkarya bagi kemuliaan Tuhan. Kita harus menata hidup kita dan senantiasa berusaha tetap setia. Sehingga ketika Tuhan datang, kita boleh berdiri dalam kesiap-sediaan untuk menyambut-Nya.

Pdt. Adi Cahyono, M.Si.

Gereja yang Menjadi Berkat Bagi Sesama

Sub Tema Tahun Pelayanan 2016 - 2017

Jadwal Kebaktian

Sekolah Minggu :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Remaja :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Pemuda :
Minggu Pukul 11.00 WIB

Kebaktian Lansia :
Jumat Pukul 10.00 WIB

Kebaktian Umum : 
1. Minggu Pukul 06.30 WIB
2. Minggu Pukul 09.00 WIB
3. Minggu Pukul 17.00 WIB

 

Facebook GKI Delima

 

Download Warta Jemaat

 

Download Liturgi Kebaktian