Majelis Jemaat

Rayon

Komisi

Kelompok Kerja

Minggu ini adalah minggu pertama di bulan April 2020 yang mestinya menjadi awal tahun pelayanan 2020-2021. Namun situasi yang disebabkan adanya wabah Covid-19 membuat gerak pelayanan rutin/reguler menjadi terganggu bahkan bisa dikatakan menjadi terhenti. Majelis Jemaat GKI Delima pun memutuskan untuk menangguhkan peneguhan penatua dan pelantikan Pengurus Badan Pelayanan sesuai dengan arahan/kebijakan dari BPMSW GKI SW Jawa Barat. Namun demikian secara de facto para pengurus baru sudah bisa melayani dalam periode pelayanan tahun 2020-2022. Selain itu, MJ GKI Delima juga memutuskan untuk menangguhkan pembagian buku program kerja untuk pelayanan 2020-2021 dengan pertimbangan bahwa kegiatan pelayanan yang reguler belum bisa dilaksanakan, dan akan diprioritaskan untuk program-program atau kegiatan yang menekankan kepedulian kepada umat dan masyarakat yang terdampak wabah virus Corona ini. Dengan demikian inti pelayanan gereja yaitu bersekutu, bersaksi dan melayani masih bisa dan tetap harus dijalankan.

Bertepatan dengan minggu terakhir Pra Paskah dan memasuki Minggu Sengsara tahun 2020, menjadi momen yang sangat tepat untuk kita menghayati pengorbanan Kristus demi untuk keselamatan manusia. Ia adalah Tuhan yang mengasihi dan peduli serta rela menderita demi kita manusia yang berdosa. Oleh sebab itu sebagai ungkapan syukur atas anugerah tersebut kita mesti meneladaninya.

Dalam catatan Injil Matius pasal 6, Yesus sudah memberikan panduan dengan jelas tentang bagaimana kita memberikan sedekah, hal berdoa, hal berpuasa. Disitu Yesus juga menjelaskan hambatan apa saja yang akan ditemui, serta diberitahukan juga cara/formula untuk mengatasinya sehingga kita benar-benar bisa mengerjakan apa yang dikehendaki Allah dalam kehidupan di dunia ini.

Situasi pandemik covid-19 saat ini membuat masyarakat bukan hanya mengalami krisis kesehatan dan spiritual tetapi dampak yang lebih luas dan bisa berkepanjangan adalah dampak sosial ekonomi. Kehilangan pekerjaan maupun sumber pemasukan menjadi pergumulan masyarakat yang cukup berat, terutama untuk kalangan menengah ke bawah. Hal ini kalau tidak segera teratasi dengan baik bisa menimbulkan dampak yang merusak kelangsungan kehidupan. Bersyukur pemerintah telah mengambil langkah/kebijakan yang cukup menggembirakan untuk mengatasi dampak krisis tersebut. Diantaranya pembebasan & pemberian diskon pembayaran tagihan PLN untuk kalangan bawah (450 & 900 VA); penangguhan cicilan selama satu tahun untuk tukang ojek, sopir taksi, pelaku UKMD dan nelayan; dst.

Mari kita dukung kebijakan tersebut bukan hanya dengan doa, tetapi juga kepedulian nyata, sebagai wujud langkah dan tindakan iman yang bisa dirasakan manfaatnya bagi sesama. Bukan sekedar berdiskusi apalagi hanya perdebatan tanpa tindakan. Apa yang bisa kita lakukan, mari kerjakan dengan motivasi yang tulus dan murni. Bukan sekedar ikut-ikutan, apalagi demi untuk numpang-nampang (baca: cari popularitas). Ingat Tuhan tahu apa yang ada dalam isi hati kita. Selain terus mendoakan agar wabah virus corona ini segera berlalu, membagikan pengharapan dan optimisme untuk menapaki masa depan, kita juga mesti melakukan hal konkret untuk menyatakan kasih Tuhan yang menggembirakan di tengah kehidupan ini.

Selamat memasuki tahun pelayanan baru 2020-2021. Selamat melayani untuk para pengurus Badan Pelayanan periode 2020-2022, juga untuk Pdt. Ima F. Simamora yang telah bergabung bersama di GKI Delima ini. Mari kita menyamakan visi dan menyatukan hati, melangkah dengan iman untuk menghadirkan kegembiraan. Bersama kita bisa terus berkarya bagi kemuliaan-Nya. Tuhan beserta kita.

(Pdt. Adi Cahyono)

Gereja yang Menjadi Berkat Bagi Sesama

Sub Tema Tahun Pelayanan 2016 - 2017

Jadwal Kebaktian

Sekolah Minggu :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Remaja :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Pemuda :
Minggu Pukul 11.00 WIB

Kebaktian Lansia :
Jumat Pukul 10.00 WIB

Kebaktian Umum : 
1. Minggu Pukul 06.30 WIB
2. Minggu Pukul 09.00 WIB
3. Minggu Pukul 17.00 WIB

 

Facebook GKI Delima

 

Download Warta Jemaat

 

Download Liturgi Kebaktian