Majelis Jemaat

Rayon

Komisi

Kelompok Kerja

Di dalam tahun liturgi gereja, kebaktian minggu ini kita kenal sebagai Minggu Kristus Raja. Secara liturgis Minggu Kristus Raja menjadi penutup atau puncak dari seluruh lingkaran tahun liturgi. Seminggu setelahnya gereja kemudian memasuki masa Adven yaitu minggu awal tahun liturgi. Dengan demikian pemaknaan akan Minggu Kristus Raja tidak bisa terlepas dari keseluruhan putaran waktu tahun liturgi gereja. Di dalam perputaran tersebut umat diajak dalam sebuah proses perjalanan keselamatan di dalam perjalanan waktu kehidupan.

Melalui peziarahan iman dalam lingkaran tahun liturgi, kita dipimpin memasuki perjalanan spiritualitas yang menuju kepada pengakuan iman, bahwa Kristus adalah Raja yang akan datang kembali kelak dalam kuasa dan kemuliaanNya pada saat akhir zaman tiba. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa seluruh peziarahan Gereja dimahkotai dengan pengakuan iman Kristus Raja semesta Alam.

Pada tahun ini kita merayakan Minggu Kristus Raja dalam perspektif Injil Tahun B. Pada tahun ini kita merefleksikan Minggu Kristus Raja melalui pengalaman batin umat beriman dalam memaknai dan menghayati percakapan Yesus di hadapan Pilatus: “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini.” Apa makna perkataan ini dan bagaimana kita sebagai Umat juga memahami dan menghayatinya hingga sampai kepada sebuah pengakuan iman Yesus Kristus adalah Raja.

Dalam bacaan Injil minggu ini disebutkan bahwa “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini.”(Yoh 18:36). Kerajaan yang dimaksud dari pernyataan Yesus tersebut bahwa adalah Kerajaan Kebenaran. “Lalu apakah kebenaran itu?” Kebenaran itu adalah Yesus sendiri. Di sinilah kita teringat perkataan Yesus yang mengatakan “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup” (Yohanes 14:6).

Kerajaan kebenaran itu memiliki nilai-nilai yang berbeda dari dunia. Apabila dunia menjalankan pemerintahan dengan nilai-nilai tangan besi, kekerasan, dan kekuasaan, maka kerajaan kebenaran itu berisi nilai-nilai kasih, pelayanan, dan kerendahan hati (Matius 20:25-27). Nilai-nilai kerajaan inilah yang ditaburkan di dalam dunia seperti sebuah benih melalui kehidupan dan pelayanan Tuhan Yesus yang terus menyaksikan kasih, pelayanan, dan kerendahan hati-Nya. Nilai-nilai yang tidak memperjuangkan status kemuliaan tetapi justru melepaskannya dan bahkan menjadi seorang hamba (lih. Fil. 2:7).

Kitab Daniel mengatakan bahwa kerajaan ini adalah kerajaan yang penuh kuasa, kemuliaan, dan kekal. KerajaanNya tidak akan lenyap dan musnah. KerajaanNya bukan hanya untuk satu bangsa, tetapi bagi segala bangsa, suku bangsa dan bahasa. Kerajaan ini tidak tergoyahkan dan tidak tergantikan seperti kerajaan dunia yang fana. Kerajaan ini ada dalam pemerintahan Tuhan Yesus yang berkuasa atas raja-raja di bumi.

Dia adalah Alfa dan Omega, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa (Wahyu 1:4). ltulah kerajaan yang bukan dari dunia. Yesus katakan bahwa orang-orang yang berasal dari kerajaanNya adalah “setiap orang yang mendengarkan suaraKu”. Karena itu setiap orang yang mengimani Yesus Kristus adalah Raja maka hal yang dia akan lakukan adalah mendengarkan dan melakukan apa yang Tuhan Yesus katakan melalui firmanNya yaitu hidup dalam kebenaranNya. Di sinilah kita tahu bahwa Yesus menjadi Raja dan memerintah di dalam hidup kita.

(DP)

Gereja yang Menjadi Berkat Bagi Sesama

Sub Tema Tahun Pelayanan 2016 - 2017

Jadwal Kebaktian

Sekolah Minggu :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Remaja :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Pemuda :
Minggu Pukul 11.00 WIB

Kebaktian Lansia :
Jumat Pukul 10.00 WIB

Kebaktian Umum : 
1. Minggu Pukul 06.30 WIB
2. Minggu Pukul 09.00 WIB
3. Minggu Pukul 17.00 WIB

 

Facebook GKI Delima

 

Download Warta Jemaat

 

Download Liturgi Kebaktian