Majelis Jemaat

Rayon

Komisi

Kelompok Kerja

Dalam kalender Gerejawi, minggu ini adalah sebagai penutup atau akhir dari tahun kalender gerejawi kita. Minggu terakhir Masa Biasa (sesudah Pentakosta) atau satu minggu sebelum Minggu Advent Pertama setiap tahun disebut sebagai Minggu Kristus Raja. Ketika kita menempatkan Minggu Kristus Raja terhubung dengan Masa Biasa yang mendahuluinya, maka berita pada Minggu Kristus Raja seolah menjadi penyimpul bahwa dalam kehidupan konkret umat Kristiani, Tuhan Yesus Kristus sudah menyatakan karya-Nya yang konkret sebagai Raja Imam yang diutus oleh Bapa-Nya bagi seluruh umat manusia.

Lalu apa maknanya bagi penghayatan iman jaman now? Artinya kita menghayati, mengenangkan dan menghidupi kenyataan, sebagaimana Tuhan Yesus Kristus menghadirkan karya-Nya untuk memperjuangkan keadilan, kedamaian, kasih terhadap sesama ciptaan Allah, maka sebagai pengikut-Nya kita akan dipimpin Allah untuk berproses sampai tiba pada keadaan yang baik itu, bahkan ikut serta memperjuangkannya.

Pada sisi yang lain Minggu Kristus Raja mendahului Mingguminggu Advent. Hal ini hendak mengingatkan bahwa sosok yang akan diperingati pada Masa Raya Natal, yang sekaligus kita nantikan kedatangan-Nya kembali, adalah Sosok Raja Sorgawi. Pada peringatan Natal memang Yesus datang dalam wujud seorang Bayi. Tetapi, harap dimengerti bahwa meskipun wujud-Nya seorang Bayi, pada dasarnya Ia adalah Raja Sorgawi! Melalui dan di dalam Yesus Kristus, Allah tidak hanya berkenan menebus dosa manusia tetapi juga berkenan dikenal oleh manusia. Ia menjadi Allah yang dapat dikenal (divine knowable) karena di dalam Kristus berdiam secara jasmani seluruh kepenuhan Allah (Kol. 2:9).

Dalam rangka menghayati Masa Raya Natal 2019 GKI Delima mengajak seluruh warga gereja menghayati tema “Kemuliaan dalam Kesederhanaan”. Berdasarkan Injil Lukas 2:8-20, umat diajak untuk memahami bahwa Juruselamat, Sang Mesias yang datang dalam sejarah umat manusia lahir dalam kesederhanaan (kandang domba, palungan, kain lampin). Berita kelahiran Mesias pun justru disampaikan kepada para gembala yang hidup dalam kesederhanan yang sering kali dipinggirkan dan dikucilkan (ay.10). Mereka percaya dan membuktikan berita itu dan lalu kembali ke padang sambil memuliakan Allah (ay.20)

Panitia Natal 2019 mengajak kita melakukan Aksi Natal Peduli Kasih 2019, yaitu dengan menyisihkan berkat yang sudah kita terima, untuk dibagikan kepada sesama yang memenuhi kriteria untuk dibantu, agar dapat merasakan kebaikan Tuhan dimomen yang istimewa nanti. Dengan aksi tersebut umat mampu menjadi saksi kelahiran Kristus dengan cara menunjukkan kepedulian terhadap mereka yang kesulitan dan pergumulan berat agar merasakan dan berkat dan damai sejahtera dari Allah. Selama Minggu Adven I sampai dengan Malam NataI, umat diajak untuk menyisihkan sebagian berkatnya dikumpulkan dengan sampul Aksi Natal: Peduli Kasih, lalu akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Pdt. Adi Cahyono, M.Si. 

Gereja yang Menjadi Berkat Bagi Sesama

Sub Tema Tahun Pelayanan 2016 - 2017

Jadwal Kebaktian

Sekolah Minggu :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Remaja :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Pemuda :
Minggu Pukul 11.00 WIB

Kebaktian Lansia :
Jumat Pukul 10.00 WIB

Kebaktian Umum : 
1. Minggu Pukul 06.30 WIB
2. Minggu Pukul 09.00 WIB
3. Minggu Pukul 17.00 WIB

 

Facebook GKI Delima

 

Download Warta Jemaat

 

Download Liturgi Kebaktian