Majelis Jemaat

Rayon

Komisi

Kelompok Kerja

Masa Adven dan Natal tahun ini merupakan masa Adven dan Natal yang spesial, sebab di tahun 2019 nanti, kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi. Tahun 2019 menjadi tahun politik bagi bangsa kita. Tantangan terbesar di tahun politik adalah bagaimana kita sebagai bangsa harus tetap menjaga kedamaian, di tengah berbagai perbedaan pilihan politik yang kita miliki.

Selain itu, kita juga berhadapan dengan lingkungan masyarakat yang makin hari, makin intoleran. Toleransi yang sebenarnya menjadi pengikat kebersamaan kita selama ini terkoyak oleh ulah sebagian orang yang tidak bertanggung jawab dan terus menghembuskan semangat permusuhan. Hidup damai yang telah terjalin bertahun-tahun dapat berubah dalam waktu yang singkat oleh ulah sekelompok orang yang intoleran.

Di tengah kenyataan hidup yang seperti ini, betapa kita menyadari pentingnya menjaga dan merawat damai di tengah kehidupan. Melalui tema “Merawat Tunas Damai” ini umat diajak untuk memahami bahwa kedatangan Kristus ke dunia merupakan penggenapan janji Allah dalam menghadirkan damai di dunia serta terpanggil menghadirkan damai dalam dunia. Oleh sebab itu, di masa penantian ini umat diajak untuk turut berperan serta menjaga dan merawat kedamaian.

Yesus memakai perumpamaan tentang tumbuhnya tunas pohon untuk menjelaskan tentang tanda-tanda kedatangan Anak Manusia. (Lukas 21:25-36) Melalui perumpamaan ini, Yesus ingin menegaskan bahwa setelah masa yang sukar itu, akan muncul masa yang penuh harapan. Masa di mana Kerajaan Allah dinyatakan. Kehadiran Anak Manusia mengubah keadaan yang sukar, berat, dan penuh kengerian, menjadi masa yang penuh harapan.

Sebagai umat-Nya, kita dipanggil untuk juga terlibat dalam proses perjuangan menghadirkan damai dengan cara merawat dan menjaga tunas-tunas damai yang telah Allah hadirkan dalam hidup kita. Sebab itu, sekalipun kita hidup di tengah konteks di mana kedamaian menjadi sesuatu yang sulit dirasakan dan dinikmati, kita tidak boleh berputus asa. Justru dalam konteks yang demikian, kita harus tetap menjadi bagian dari umat Allah yang berjuang bersama Allah dalam mewujudkan kedamaian dalam hidup. Selamat merawat tunas damai. Tuhan memberkati. Amin.

(PAC)

*) Disadur dari bahan MAN-LPPS 2018

Gereja yang Menjadi Berkat Bagi Sesama

Sub Tema Tahun Pelayanan 2016 - 2017

Jadwal Kebaktian

Sekolah Minggu :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Remaja :
Minggu Pukul 09.00 WIB

Kebaktian Pemuda :
Minggu Pukul 11.00 WIB

Kebaktian Lansia :
Jumat Pukul 10.00 WIB

Kebaktian Umum : 
1. Minggu Pukul 06.30 WIB
2. Minggu Pukul 09.00 WIB
3. Minggu Pukul 17.00 WIB

 

Facebook GKI Delima

 

Download Warta Jemaat

 

Download Liturgi Kebaktian